D'Lanier - Artisan Chocolate D'LANIER
NEWS
29/09
#BehindTheBrand : Jose Pelo Jr (Joy) - D'Lanier Co-Founder
IMG-BLOG

“A life without Chocolate is a life without joy..!” Sebuah tagline yang digunakan selama 18 tahun oleh Joy (atau Chef Joy) sebagai Chocolatier dan Patissier dalam karirnya 28 tahun terakhir.

Jose Pelo Jr. dikenal sebagai Joy atau Chef Joy merupakan warga negara Australia keturunan Filipina. Ia pertama kali mencicipi isi buah Kakao pada usia 4 tahun di kampung halamannya yang terletak di bagian selatan Filipina.

“Saya masih ingat dengan jelas bahwa setiap kali saya mengunjungi rumah Kakek dan Nenek saya di sebelah pertanian mereka, Kakek saya akan membantu saya memetik buah Kakao yang sudah matang langsung dari pohon Kakao dan dia akan menunjukkan kepada saya cara memotongnya menjadi dua dan memakan daging “ isi buah Kakao ”, tanpa mengetahui bahwa“ biji Kakao ”di tengah daging buahnya sebenarnya adalah bahan baku utama Cokelat.” Joy berkata, “Kakek-nenek saya akan selalu meminta saya untuk tidak membuang biji Kakao, karena saya amati mereka biasanya mengeringkannya di bawah sinar matahari selama beberapa hari hingga mengering dan memanggangnya. Setelah dipanggang mereka selalu memecah dan menggiling biji dengan gula merah dan mengubahnya menjadi pasta dan setelah itu membentuknya menjadi bola-bola cokelat, pasta ini akan mengering dan menjadi keras dan dikenal sebagai “Tablea”. Suatu kenikmatan atau cokelat semi-murni yang keras, mereka merebusnya dengan air dan dikonsumsi sebagai Minuman Cokelat Panas untuk sarapan di Filipina.” tambahnya.

Joy adalah seorang Pastry Chef profesional dan berpengalaman sejak ia berusia 20 tahun, ia telah bekerja di Industri Hotel Bintang 5 selama 12 tahun dan meraih posisi tertinggi di departemennya sebagai Executive Pastry Chef. Dia lulus kuliah dengan gelar Bachelor of Science (B.Sc) in Industrial Technology – Jurusan Teknologi Pangan, dan mendapatkan penghargaan sebagai Most Outstanding Student di bidangnya.

Di Australia, setelah bekerja di industri Perhotelan cukup lama, dia memutuskan untuk beralih karier dari Chef menjadi Guru / Instruktur Kue di salah satu Sekolah Kuliner Perhotelan terbesar di Victoria (William Angliss Institute of TAFE). Di sinilah dia memoles keterampilan dan pengetahuannya tentang Cokelat dan aplikasinya.

Sebelum menjadi Co-Founder D'Lanier, pada tahun 2008 dari Australia ia pindah ke Indonesia dan memiliki kesempatan untuk menjalankan Chocolaterie Patisserie Café miliknya di Jakarta Indonesia selama beberapa tahun. Dari sini ia bergabung dengan perusahaan cokelat di Malaysia.

Pada tahun 2011, ia kemudian kembali ke Indonesia dan bergabung dengan SCHOKO di bawah PT. Wahana Interfood Nusantara sebagai Sales & Technical Director.

Joy atau Chef Joy sangat terlibat dalam pengembangan setiap produk D’Lanier bersama dengan Tim Penelitian dan Pengembangan (R&D) yang terampil dan berdedikasi untuk memenuhi hasrat nya dalam memperkenalkan cita rasa cokelat asli kepada masyarakat Indonesia.